Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kuliner dan WiFi (Gratis) di Pasar Minulyo, Pacitan

👽 ALIEFNK.com | Malang 🐺 - Minggu terakhir bulan Februari 2013, saya pulang kampung ke rumah Pacitan. Pulkam tersebut adalah dalam rangka mengantarkan surat keterangan masih kuliah untuk bapak, serta memeriahkan acara dirgahayu Kabupaten Pacitan ke-268. Di rumah, saya hanya tinggal bersama bapak dan adik.

Karena saya sudah ditinggalkan ibu, maka untuk urusan makan saya sekeluarga di rumah tidak memasak sendiri, melainkan membeli di tetangga yang berjualan makanan. Setiap pagi dan siang ibu penjual makanan selalu mengantarkan nasi beserta lauk-pauknya ke rumah.

Nah, karena terkadang bosan dengan lauk yang itu-itu saja, maka adik saya mengajak saya beli makan di luar. Dia mengajak saya makan di warung tenda nasi goreng langganannya di Pasar Minulyo, Pacitan, sebuah pasar tradisional yang dibangun sebagai ganti pasar yang terbakar beberapa tahun lalu. Wah, ini, belum pernah saya makan di warung Pasar Minulyo, jadi pengen coba deh, sekali-sekali mencoba kuliner di Pasar Minulyo.

Selepas Magrib, kami langsung meluncur ke Pasar Minulyo yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Kelurahan Baleharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur atau sebelah timur Terminal Bus Pacitan. Sesampainya di Pasar Minulyo dan memarkir kendaraan, kami pesan nasi goreng dan nasi goreng mawut plus es teh di salah satu warung nasi goreng (lupa nama warungnya). Nasi goreng segera kami makan karena memang sudah lapar.

Di tengah makan nasi goreng, adik saya bilang kalau di Pasar Minulyo ada fasilitas WiFi gratisnya. Setengah gak percaya, saya coba membantahnya. Namun adik saya ngotot kalau memang benar Pasar Minulyo ada WiFi-nya. Saya pun mencoba menyalakan WiFi di smartphone Mito 9800 saya. Eh ternyata beneran ada yaitu PASAR MINULYO dan wifi.id.

Saya coba connect ke PASAR MINULYO dan berhasil, wuuuzzz kencang sekali koneksinya! Tak sampai 15 menit seporsi nasi goreng lunas sudah masuk ke perut (padahal ya disambi WiFi'an) dan segarnya es teh menjadi penawar rasa pedas. Alhamdulillah.

Setelah bayar 18ribu untuk 2 porsi nasi goreng dan 2 gelas es teh, kami bergeser ke teras depan kantor Ka UPT Pasar Minulyo (kalau gak salah) di sisi barat Pasar Minulyo. Lantainya sangat bersih! Sambil leyeh-leyeh, saya membuka beberapa media sosial yang saya miliki.

Ketika mencoba nge-tweet pakai TweetCaster + koneksi WiFi PASAR MINULYO, gak sampai 2 detik tweet sudah terposting! Jauh lebih cepat daripada layanan provider yang biasa saya pakai. Kebetulan ada koneksi cepat, maka saya membuka Android Market dan mengupdate semua aplikasi yang telah memiliki versi terbaru. Tak lupa mendownload aplikasi chat macam KakaoTalk dan WeChat.

Kalau dilihat dari speed downloadnya, koneksi WiFi PASAR MINULYO mencapai 100kbps (lumayan sekali lho...). Daripada garing cuma internetan saja, maka saya membeli es kacang hijau untuk melawan hawa panas Pacitan meski malam hari. Saking asyiknya WiFi'an gratis, waktu cepat saja berlalu dan jam telah menunjukkan pukul 10 malam (dengan posisi baterai hape sudah low).

Bayangkan, dari habis Magrib sampai jam 10 malam manusia modern berada di pasar tradisional adalah pemandangan cukup aneh, apalagi di tengah menjamurnya kafe-kafe ber-WiFi gratis di Pacitan yang kesannya lebih layak dikunjungi. Tetapi saya benar-benar menikmati fasilitas di Pasar Minulyo. Acungkan dua jempol deh! :)

Buat yang berkunjung atau liburan ke Pacitan, bolehlah mampir menikmati kuliner di Pasar Minulyo, Pacitan, sambil menikmati WiFi gratisnya. Update status di media sosial mengajak teman yang lain main ke Pacitan. :D *promosi*

Pasar Minulyo Pacitan [image by www.google.com]

• Status Lahan: Aset Pemerintah Daerah
  • Aktivitas 1x24 jam
  • Jumlah SDM: 23 Personil
  • Jumlah Pedagang: 908 Orang (Tlasaran 297; Kios 275; Los 21; Bedak 5; Los Kuliner 60; Keliling 250)
  • Jumlah Pengunjung Rata-rata Perhari: +/- 1.085 Orang
  • Jumlah Pengunjung Rata-rata Perbulan: +/- 32.550 Orang
  • Jumlah Pengunjung Rata-rata Pertahun: +/- 390.600 Orang
*data diambil dari papan pengumuman Ka UPT Pasar Minulyo, Pacitan.
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk]
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk] Cat Lover 🐱 - Pokemon GO Player (Team Instinct / TL49 / TL40x22) ⚡ - Romanisti 🐺

12 komentar untuk "Kuliner dan WiFi (Gratis) di Pasar Minulyo, Pacitan"

1. nice info sob,sekarang hampir di semua tempat keramaian selalu di lengkapi Wifi yah sob,,,

BalasHapus
  2. Ditempat saya juga bang alief hampir ditiap sepanjang jalan ada terus Wifi..hahhayy

Balasan
    1. wah enak dongs bang icah, bisa ber-GPS ria tanpa takut tersesat. :D ahoy!

3. wah keren neh ... lain kali mampir .. pasti mantapz nehh

BalasHapus
  4. pasarnya benar2 minulyo...
    mantep neh pasarnya, trsdia wifi..suatu saat klo kepacitan mesti cobain kuliner dan wifi di pasar minulyo

Balasan
    1. tidak salah Pak SBY kasih nama Minulyo. :) kalau mampir jangan lupa aku diajak sam. hehehe. :D

5. WIFI lagi booming nih kang..hahhayyy

6. wifi lgi membludak dimana2 gan,,,

wah,, sayanganya aq belum pernah ke pacitan...

semoga lain kali bisa ksana :)

Balasan
    1. Dan terkadang koneksinya lebih cepat daripada pakai modem. Hehehe.

Ya kalau liburan main lah ke Pacitan, banyak tempat wisatanya kok. ;)