Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ibu, Masa Kecil dan Mitos


👽 ALIEFNK.com | Malang 🐺 - "Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi tak harap kembali, bagai Sang Surya menyinari dunia." Petikan lirik lagu Kasih Ibu ciptaan S.M. Moechtar sering kita ungkapkan untuk menggambarkan begitu besarnya kasih sayang seorang ibu kepada kita sebagai anaknya. Ibu yang telah mengandung kita selama sembilan bulan, melahirkan kita dengan taruhan nyawa, merawat dan menyayangi kita sejak kecil hingga dewasa.

Saking sayangnya, seorang ibu terkadang sering memproteksi anaknya yang masih kecil dengan beberapa mitos yang beredar di masyarakat. Begitu juga ibuku, Beliau dahulu juga 'menakut-nakuti'-ku dengan mitos-mitos dan aku percaya saja, maklum tinggal di desa. Hehe. Apa saja mitos tersebut?
  1. Makan harus habis, kalau tidak habis nanti ayamnya mati. Menurutku, ini berarti mengingatkan kita untuk menghargai jasa petani.
  2. Makan jangan diawet-awet, nanti dimakan makhluk halus. Menurutku, ini berarti kalau makan segera dihabiskan agar bisa melakukan kegiatan selanjutnya.
  3. Jangan makan sambil berdiri, nanti sulit jodoh. Menurutku, makan sambil duduk terlihat lebih sopan.
  4. Jangan makan di depan pintu rumah, nanti rejekinya terhalang. Menurutku, makan di depan pintu akan menghalangi orang keluar-masuk ruangan, siapa tahu orang itu mau merapikan kamar kita yang berantakan. Hehe.
  5. Jangan main siang-siang/waktu Dzuhur, nanti diculik wewe gombel. Menurutku, siang hari sepulang sekolah adalah saat untuk istirahat.
  6. Jangan menyapu ruangan rumah pada malam hari, pamali, sulit rejeki. Ini yang aku kurang paham sampai sekarang. :| Ah yang penting niatnya baik, menjaga kebersihan.
  7. Kalau menyapu yang bersih, kalau tidak nanti istrinya berewokan. *cewek berewokan? #rawr :D* Menurutku, ini mengajarkan agar tidak sekenanya saja saat bersih-bersih.
  8. Jangan memakai topi di ruangan/dalam rumah, nanti kepalanya ada borok/luka. Menurutku, kurang cocok pakai topi di ruangan.
  9. Jangan bersiul di malam hari, nanti mengundang makhluk halus. Menurutku, bersiul malam hari akan mengganggu syahdunya suasana malam. #tsaaahhh
  10. ....
Mungkin masih banyak mitos-mitos yang dipercaya masyarakat desa, namun hal di atas lah yang sering ibu katakan padaku. Mitos sendiri diwariskan turun-temurun semenjak jaman nenek moyang. Terkadang mitos di satu daerah berbeda dengan daerah lain.

Dan Alhamdulillah, aku masih sempat merasakan kasih sayang seorang ibu selama 24++ tahun. Hingga akhirnya Beliau meninggal dunia karena sakit pada tahun 2012 lalu. *sedih* *mewek* :'( | I ♥ U, ibu. :')

Kalau kamu, gimana? Pernah gak sih 'ditakut-takuti' ibu kamu dengan mitos sebagai bentuk perhatian Beliau padamu? :)

Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk]
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk] Cat Lover 🐱 - Pokemon GO Player (Team Instinct / TL49 / TL40x22) ⚡ - Romanisti 🐺

9 komentar untuk "Ibu, Masa Kecil dan Mitos"

  1. Iya bener mas Alief, maksud ibu itu baik dengan memberikan kita semacam pamali bila kita gini-gitu, karena sayapun mengalaminya mas. Namun bila dirasakan sekarang ternyata cara ibu itu sangat efektif sekali untuk kita melakukan yang terbaik dalam hidup ini. Thanks sudah berbagi mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nie apa kata Mas, tapi sayang anak sekarang sudah gak da rasa takut kalau ditakut-takuti dengan mitos yang seperti itu. hehe

      Hapus
    2. @ByPhotoworks: Sama-sama mas. Aku juga merasakan kesan positifnya kok mas. :)

      @Muh Hendrik: Hehe. Betul, apalagi sekarang kan musimnya cabe-cabean mas. :D

      Hapus
  2. bagus sekali postingannya mas alief. dulu sering ditakut-takuti jangan berenang di laut. nanti kerasukan setan penunggu.
    mungkin maksudnya, jangan berenang di laut, nanti tenggelam
    ah, aku jadi teringat masa kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah tau kalau yang itu. Padahal waktu SD sering banget main di pantai Pacitan, pernah sampai keseret ombak, untung masih selamat. :|
      Masa kecil bahagia gak nih? Hehe. :D

      Hapus
  3. jangan motong kuku dimalam hari. YAIYALAH! Drijimu cuil njuk piye? bhahak :D

    BalasHapus