Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya


👽 ALIEFNK.com | Malang 🐺 - Hari minggu merupakan saat tepat untuk kita berolahraga. Entah itu jalan-jalan, jogging, serta bersepeda. Tentu kita merasa nyaman jika melakukan aktifitas di area Car Free Day/CFD. Namun, bersepeda tak cuma untuk berolahraga, melainkan bike to work, bike to school maupun bike to campus. Tak jarang jalan yang harus dilewati adalah jalan raya yang ramai oleh kendaraan bermotor. Tentu pengguna sepeda harus berhati-hati menghadapi pengemudi kendaraan bermotor yang sering ugal-ugalan. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang bersepeda di jalan raya, terutama mengenai safety riding.

  1. Berpakaianlah dgn benar. Pakailah helm dan pakaian berwarna terang. Pada musim hujan, gunakan jas hujan yang tidak mengganggu kenyamanan, keseimbangan dan kendali di atas sepeda.
  2. Patuhi rambu dan peraturan lalu lintas. Tak ada bedanya dengan pengguna jalan yang lain, bersepeda di jalan raya juga harus mematuhi rambu dan perturan lalu lintas.
  3. Jangan pernah bersepeda melawan arus jalan. Pengemudi kendaraan bermotor tak akan memerhatikan sepeda yang melaju di jalur jalan yang salah.
  4. Jangan memakai headphone (earphone). Pakailah helm, jangan menggunakan peranti headphone (dari walkman maupun handphone). Menurut beberapa penelitian, telinga yg tertutup rapat bisa mengurangi keawasan keadaan sekelilingnya.
  5. Siapkan kedua tangan untuk mengerem. Kita mungkin tak bisa langsung berhenti jika mengerem hanya dengan satu tangan. Siapkan jarak aman antara 1 pengendara sepeda dengan yang lainnya
  6. Perhatikan jalan di samping dan belakang. Kita dapat memindai keadaan jalan di samping dan di belakang kita tanpa harus kehilangan keseimbangan dan kendali pada sepeda.
  7. Gunakan lampu di malam hari. Selain membantu kita melihat arah dan kondisi jalan, lampu membantu pengemudi kendaraan lain di depan untuk melihat keberadaan kita.
  8. Gunakan tangan untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain tentang ke arah mana kita akan melaju. Ini memang aturan tak tertulis bagi pengguna sepeda, tetapi penting bagi keamanan kita.
  9. Rawat dan jagalah kondisi sepeda. Lakukan perawatan rutin sehingga sepeda bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Gantilah rem dan ban secara berkala.

Nah, semoga tips di atas bermanfaat dan kita akan tetap bisa bersepeda dengan aman dan nyaman di jalan raya.

Sumber: Team Rexona Men on Facebook
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk]
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk] Cat Lover 🐱 - Pokemon GO Player (Team Instinct / TL49 / TL40x22) ⚡ - Romanisti 🐺

4 komentar untuk "Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya"

  1. wah artikel yang bermanfaat nih :)
    untuk keselamatan

    BalasHapus
  2. kadang ane sih miris, banyak pesepeda yang pada ga ngikutin lampu lalin je

    BalasHapus
  3. ehmm, kayaknya udah jarang deh bang sepeda yang ada lampunya

    BalasHapus