Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

[#LenovoA6000] Cara Mematikan Lampu Indikator Proximity Sensor


👽 ALIEFNK.com | Pacitan 🐺 - Lagi-lagi terdapat "bug" di Lenovo A6000 saya (dan mungkin yang lain juga). Bukan bermaksud menjelek-jelekkan produk smartphone berspesifikasi tinggi namun harganya pas di kantong ini, karena saya pun (masih) salah satu user-nya. Saya cuma mencoba ingin membagi tips how to solve beberapa "bug" yang masih ada meski A6K sudah beberapa kali mendapatkan update sistem.

Coba perhatikan bagian atas sisi kanan speaker depan A6K kamu, ada yang menyala warna merah kan? Bukan, itu bukan LED notification macam punya ponsel Blackberry, bukan pula sensor kegantengan/kecantikan. Haha. FYI, itulah yang dinamakan PROXIMITY SENSOR (eh udah pada tau ya? :p).

Proximity Sensor adalah sebuah sensor jarak yang biasanya digunakan pada ponsel berlayar sentuh dan berada di bagian depan atas dekat speaker. Karakteristik dari sensor ini adalah mendeteksi obyek benda dengan jarak yang cukup dekat, berkisar antara 1 mm sampai beberapa centi meter saja sesuai type sensor yang digunakan. Nah apa fungsi dari sensor ini ? Pada saat menerima tepon atau melakukan panggilan telpon, maka kita akan mendekatkan handphone ke telinga. Pada saat itu secara otomatis fungsi touch-screen akan mati (juga layarnya) sehingga layar tidak merespon kalau terkena telinga atau bagian tubuh yang lain. (Sumber: Apa Itu Sensor Proximity ?)


Nah, kalau kamu merasa kurang nyaman dengan Proximity Sensor A6K yang terus menyala, kamu bisa memakai cara berikut untuk mengatasinya.
  1. Masuk ke menu Settings (bisa juga via taskbar).
  2. Touch sub-menu Display.
  3. Touch sub-menu Brightness, buat menjadi AUTO dengan menyentuh garis di atas kata AUTO.
  4. Cek lagi apakah Proximity Sensor A6K masih nyala atau tidak.

Jadi intinya, bikin kecerahan layar menjadi auto, maka lampu indikator Proximity Sensor akan mati. Tapi jangan lupa, resiko ditanggung penumpang, yaitu baterai menjadi sedikit boros. Hehe.

*cara tersebut mungkin bisa dipakai pada smartphone Android lainnya.

Selamat mencoba. :)
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk]
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk] Cat Lover 🐱 - Pokemon GO Player (Team Instinct / TL49 / TL40x22) ⚡ - Romanisti 🐺

10 komentar untuk "[#LenovoA6000] Cara Mematikan Lampu Indikator Proximity Sensor"

  1. Ane gak ada lampunya gan kalo di chas , tolong solusi

    BalasHapus
  2. Gan kalo angkat telpon gimana yaa? Saya kalo dpt telpon kok layarnya gak bisa diapa-apain jadi gak bisa angkat telponnya

    BalasHapus
  3. Kalau misalnya gk bisa hidup lagi macam mana caranya

    BalasHapus
  4. Gan pnya saya getarnya tiba2 hilang minta solusinya

    BalasHapus
  5. Punya saya Lenovo a6020 saya lampu hijaunya kok nyala terus y gan, kadang malah nyala terus mati sendiri, harusnya kan klo ada SMS atau pemberitahuannya baru nyala.. Solusinya y gan, makasih sbelumnya..

    BalasHapus
  6. Punya saya Lenovo a6020 saya lampu hijaunya kok nyala terus y gan, kadang malah nyala terus mati sendiri, harusnya kan klo ada SMS atau pemberitahuannya baru nyala.. Solusinya y gan, makasih sbelumnya..

    BalasHapus
  7. Punya saya Lenovo a6020 saya lampu hijaunya kok nyala terus y gan, kadang malah nyala terus mati sendiri, harusnya kan klo ada SMS atau pemberitahuannya baru nyala.. Solusinya y gan, makasih sbelumnya..

    BalasHapus