Jangan Ada Anarki di Antara Kita



To: Negara Tercinta Indonesia Raya

Hai tanah airku,

Akhir-akhir ini aku semakin sering mendengar berita tentang kekisruhan di negeri ini. Mulai dari saling sikut anggota dewan yang terhormat, hingga saling hujat krucil-krucil pengguna media sosial. Ada saja yang diributkan, ada saja yang diperdebatkan. Kasus #PapaMintaSaham, huru-hara Pilkada serentak, pun perdebatan perayaan Hari Kasih Sayang a.k.a Valentine Day. Versus.

Sepertinya Indonesia masih belajar demokrasi. Semua orang mau pada menang sendiri, dimana-mana terjadi aksi anarki, banyak yang lupa diri. Tetapi, aku rasa itulah resiko keberagaman di negeriku tercinta ini. Masalah silih berganti menghampiri, namun selalu disertai mencari solusi meski terkadang kurang pasti. Coba bayangkan apabila semuanya homogen. Tak ada permasalahan, tentu tak ada hal yang mendewasakan kita. Hidup akan terasa stagnan. Bencana itu bernama keseragaman.

Tugas kita adalah menjaga keberagaman. Selalu ingat slogan Bhinneka Tunggal Ika. Alangkah indahnya apabila keberagaman itu malah bisa menyatukan rakyat Indonesia. Gesekan-gesekan dalam masyarakat harus bisa diredam dengan rasa toleransi. Baik toleransi antar umat beragama, maupun toleransi antar suku atau ras. No rasis, no anarkis.

Untukmu wahai Bapak presiden terkini, pimpinlah negeri ini dengan nurani. Jangan mendahulukan kepentingan pribadimu, terutama bagi partai yang menaungimu. Berantas korupsi, jangan sampai dijadikan tradisi. Negeri kaya nan subur harus dibarengi dengan kehidupan rakyat yang makmur.

Tetap merdeka dan jaya Indonesia! Jangan ada anarki di antara kita!

Salam hangat,
Rakyat yang kian berkarat.

*Jangan Ada Anarki di Antara Kita adalah sebuah judul lagu yang dipopulerkan oleh Kill The DJ dan Soimah Pancawati.


Tag: #30HariMenulisSuratCinta Hari ke-15

2 Komentator Blogger
Komentator Facebook

2 comments:

  1. Kalau damai itukan Indah..ya kan Kang Alief..ahhahayy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Bang. Daripada yang suka MAIDO, malah kelihatan BODO. Hahaha~ :))

      Delete