Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

[#LenovoA6000] Cara Mengatasi Tidak dapat memasang di penyimpanan USB atau kartu SD


👽 ALIEFNK.com | Pacitan 🐺 - Setelah kemarin saya share Cara Menghilangkan Notifikasi Informasi Pembaharuan Kamus di Lenovo A6000, kali ini saya kembali memposting how to solve Couldn't install on USB storage or SD card / Tidak dapat memasang di penyimpanan USB atau kartu SD. Yaps, hal tersebut merupakan salah satu "bug" di Lenovo A6000 yang muncul ketika user mendownload atau mengupdate aplikasi langsung dari Google Play Store. Saya sebut "bug", karena saya belum pernah menemui pesan itu pada smartphone saya sebelumnya (Mito 9800 dan Mito A75 Fantasy 2). Lalu, apa yang saya lakukan ketika "bug" tersebut muncul di Lenovo A6000 saya?


1. Pastikan Internal storage sebagai default write disk. Caranya masuk ke menu Setting > Storage > pilih Internal storage.
2. Pastikan pula Default installation location adalah System recommendation. Cek di menu Setting > Apps > Default installation location > pilih System recommendation. (NB: kalau update aplikasi yang ditaruh di SD card, pilih force install on sdcard)
3. Apabila setelah proses install aplikasi dari Play Store (masih) muncul notifikasi Couldn't install on USB storage or SD card / Tidak dapat memasang di penyimpanan USB atau kartu SD, jangan panik, coba restart smartphone kamu.
4. Download/update lagi aplikasi yang akan kamu install/update.
5. Gimana? :)

Cara di atas adalah cara saya pribadi. Namun ada cara lain selain restart smartphone, nemu di grup fesbuk. Yaitu:
1. Idem.
2. Idem.
3. Unmount SD card. Masuk ke menu setting > Storage > Unmount SD card.
4. Coba download lagi di Play Store.

Masih gagal juga? Coba deh tanya di grup Official Lenovo A6000 di Facebook. Hehe. :)

NB: saya sarankan download/update aplikasi via WiFi gratisan atau pakai kuota kalong/midnight, daripada nanti gagal install malah bikin KZL KZL KZL. :p

Selamat mencoba. :)

Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk]
Alief Nartama Kurniawan [@aliefnk] Cat Lover 🐱 - Pokemon GO Player (Team Instinct / TL49 / TL40x22) ⚡ - Romanisti 🐺

14 komentar untuk "[#LenovoA6000] Cara Mengatasi Tidak dapat memasang di penyimpanan USB atau kartu SD"

  1. terima kasih Mas Info Cara Mengatasi Tidak dapat memasang di penyimpanan USB atau kartu SD pada HP Lenovo A6000 nya .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan Saudara Eka di blog saya. :)

      Hapus
  2. Dulu saya pernah tuh bang Alief kena kejadian begini..hiii

    BalasHapus
  3. masih aja gak bisa ya pdhal fre memori di internalnya msih ada 2gb.an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, coba tanyakan labih lanjut ke forum yang bersangkutan, di grup facebooknya mungkin bisa kasih solusi. :)

      Hapus
  4. Pas download di playstore loading lama, terus setting use data nya ane gedein, pertanyaannya, cara biar gak dibatasi kuota gimana gan? Hp lenovo a6000

    BalasHapus
  5. Jadi hp beli dri temen, di format dari setingan kembali ke pabrik, ehhhh kan minta perbarui aplikasi beberapa, nah cuma 2 doang yg bisa di upgrade, sisanya gagal muncul tanda (!)

    BalasHapus
  6. Jadi hp beli dri temen, di format dari setingan kembali ke pabrik, ehhhh kan minta perbarui aplikasi beberapa, nah cuma 2 doang yg bisa di upgrade, sisanya gagal muncul tanda (!)

    BalasHapus
  7. Slmt siang bang,bang anekan punya lenovo a6000 nah kendalanya habis di upgrade firmware hp malah jadi bootloop pdahal ane downloadnya dari bawaan hp,stelah ane garansikan sdah bisa dipake lagi,tpi kok g bsa baca sd card ya,ane priksa di setingan aplikasi ternyata program memory eksternalnya gda g sperti hp android lainnya,cara instalnya gmna ya bang,mohon bantuannya donk bang. Trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Mas saya tidak bisa mencet PASANG di file manager, knp y ? Trus klo nerima apk dri tmen lewat share it jg gk bisa di pasang, klo nerima lagu bisa.

    BalasHapus
  10. Mas saya tidak bisa mencet PASANG di file manager, knp y ? Trus klo nerima apk dri tmen lewat share it jg gk bisa di pasang, klo nerima lagu bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau share file apk harus direname dulu ke ekstensi lain, jpg misalnya. :)

      Hapus