Legalkan Hidupmu, Download & Streaming Lagu di Aplikasi LangitMusik


Selamat untuk para pemenang! *prok prok prok* Saya sih sudah hopeless setelah tahu lomba blog jadi undur-undur alias diperpanjang. Hehe. :))



@ALiefNK | www.ALiefNK.com - Musik bisa kita nikmati dari mana saja. Memutarnya dari laptop/ponsel; dari televisi sekaligus melihat perform musisi idola; atau sekedar santai di kamar sambil mendengarkan alunan musik dari radio seperti yang sering saya lakukan. File musik pun bisa didapat dengan mudah. Minta teman/saling tukar lagu, download/streaming di internet, beli kaset/CD album original, dan lain-lain. Salah satu situs penyedia download dan streaming lagu yang cukup lama saya kenal adalah LangitMusik. Mengapa LangitMusik? Karena kita akan disuguhi banyak pilihan lagu, kualitas suara Dolby Audio, dilengkapi dengan lirik lagu dan yang pasti: LEGAL!

LangitMusik adalah layanan terbaru dari Telkomsel yang bekerjasama dengan PT. MelOn Indonesia yang menawarkan cara baru download dan streaming lagu secara legal dan tanpa batas melalui Website, WAP, Mobile Aplication (Android dan Blackberry) serta aplikasi Desktop. Dengan mengaktifkan LangitMusik, pelanggan bisa bebas mendownload dan streaming seluruh lagu di katalog LangitMusik dengan koleksi lebih dari 800.000 lagu lokal dan internasional. (Sumber: F.A.Q LangitMusik)

Medio tahun 2012, saya pernah menggunakan layanan LangitMusik. Saat itu saya menikmati LangitMusik melalui website dengan koneksi internet Flexi Mobile Broadband (FMB) Kota Malang yang cukup kencang, jadi download dan streaming lagu terasa lancar. Hingga pada akhirnya saya kembali ke kampung halaman, koneksi menjadi pas-pasan dan saya mulai melupakan LangitMusik. Bagaimana tidak, buat download dan streaming pun tidak mumpuni. Beruntung saya "reuni" dengan LangitMusik melalui sub-menu Rekomendasi Telkomsel di Play Store. Segera saya download aplikasinya mumpung kuota masih melimpah. Saya bisa kembali menikmati musik legal via smartphone Android saya. :)


Aplikasi LangitMusik

Aplikasi LangitMusik tersedia bagi pengguna smartphone Android (melalui Google Play Store, OS 2.1 Eclair ke atas) dan BlackBerry (melalui BlackBerry AppWorld, OS Blackberry 5 ke atas). Karena saya pengguna smartphone Android, maka pada postingan ini saya akan mereview aplikasi LangitMusik for Android.


Aplikasi yang tergolong sub-menu Music&Audio pada Play Store ini mendapat rating 4.1 dengan pengguna lebih dari 50 ribu. Versi terbaru yang saya gunakan adalah v3.0.8 (update 23 Juni 2015), size 8.69MB (dan hanya memakan space memori 17MB ketika telah terpasang). Free!

Cara install aplikasi LangitMusik for Android sangat mudah. Kamu diwajibkan memiliki koneksi internet dan masuk ke Play Store. Search pakai keyword LangitMusik. Pada hasil pencarian, pilih aplikasi LangitMusik, kemudian pilih install. Tunggu sampai proses download dan install selesai. Apabila aplikasi LangitMusik sudah terpasang di smartphone Android kamu, langkah selanjutnya kamu dapat melakukan registrasi melalui aplikasi LangitMusik.


Registrasi via Aplikasi LangitMusik for Android


Untuk bisa menikmati konten di LangitMusik, kamu harus berlangganan layanan LangitMusik dengan nomor Telkomsel (KartuHalo, KartuAS, SimPATI) dan memiliki akses internet di ponsel. Pilih menu Daftar ketika baru masuk aplikasi LangitMusik, kemudian ikuti alur registrasinya.

Terdapat 4 pilihan paket registrasi, yaitu:
1. LANGITMUSIK BASIC: Gratis streaming lagu 60 detik pertama.
2. LANGITMUSIK FREE TRIAL: Gratis streaming dan download lagu sepuasnya selama 7 hari.
3. LANGITMUSIK PREMIUM 7 HARI: Streaming & download lagu sepuasnya Rp 3300/7 hari.
4. LANGITMUSIK PREMIUM 30 HARI: Streaming & download lagu sepuasnya Rp 11000/30 hari.

Setelah kamu melakukan registrasi, maka kamu akan mendapat SMS yang berisi informasi berupa password untuk login via aplikasi LangitMusik maupun via website.


Fitur Aplikasi LangitMusik for Android


Discover
Fitur inilah yang pertama muncul ketika pengguna login di aplikasi LangitMusik. Terdapat beberapa kategori musik yaitu LM's playlist, Highlights, New releases, LM's pick, Popular tracks, Popular artists, Social playlist dan Mood (party, happy, angry, galau, dll.)

Find
Lagu favoritmu tidak masuk di Discover? Tenang, pada fitur ini, kamu bisa mencari lagu favorit dengan memakai keyword judul album atau judul album atau nama artis.

My Stream
Berisikan lagu yang pernah kamu dengarkan ataupun lagu rekomendasi dari LangitMusik.

My Music
Buat playlist sesukamu sesuai isi hatimu. Kamu juga bisa memutar lagu-lagu yang ada di memori smartphone melalui fitur ini.

Catalog
Punya kenangan dengan lagu lawas yang hits pada masanya? Atau suka K-Pop/lagu mancanegara? Atau ingin meneduhkan hati dengan alunan musik religi? Kategori tersebut hadir melalui fitur Catalog.

Promo
Fitur ini berisikan sejumlah promo yang ditawarkan oleh LangitMusik kepada para pelanggan setianya.

Karaoke
Fitur satu ini hanya bisa kamu nikmati setelah kamu mendownload aplikasi LangitMusik Karaoke via Play Store.

My Profile
Kamu bisa mengganti foto profil kamu, mengedit profil (memasukkan email, nickname, jenis kelamin, dan tanggal lahir), melihat History dan Antrian Download. Jika kamu bertanya-tanya, dimana letak logout berada? Di fitur inilah kamu akan menemukannya.


User Interface Aplikasi LangitMusik for Android

Mengusung UI Material Design, navbar untuk memilih fitur/menu layanan LangitMusik tersembunyi di sisi kiri layar. Kamu harus menyentuh tombol menu berupa 3 garis di pojok kiri atas layar untuk membuka fitur/menu pilihan. Tampilan preview konten berupa thumbnails dengan gambar artis/musisi sesuai kategori atau judul lagunya. Tampilan thumbnails akan berubah menjadi list ketika kamu memilih See All.


Sedangkan pemutar musik di aplikasi LangitMusik for Android lebih mirip music player bawaan Android 4.4 KitKat.


Secara umum, UI aplikasi LangitMusik tidaklah rumit dan sangat memudahkan pelanggan dalam menikmati konten yang ada di dalamnya. User friendly.

****

Demikian sedikit ulasan mengenai aplikasi LangitMusik for Android. Apakah kamu tertarik menggunakan aplikasi dan menikmati musik legal dari LangitMusik?



LangitMusik sukses mem-baper-kanku ke jaman SMA (271 Pacitan) saat Tour de Bali 2005
Radja - Langkah Baru (full album)


NB: Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang LangitMusik, kamu bisa cek di F.A.Q LangitMusik atau tanya-tanya di @LangitMusik616 via Twitter.


****
”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik
kerja sama Langit Musik dan Warung Blogger"


Kompetisi Langit Musik

****

17 Komentator Blogger
Komentator Facebook

17 comments:

  1. Perlu dicoba nih appsnya...
    Dan good luck buat kontesnya ya...

    ReplyDelete
  2. Asyikkk kebetulan saya lagi cari yang ini bang trims ya.

    ReplyDelete
  3. Berteduh di sini karena cuaca yang sangat terik diluar

    ReplyDelete
  4. ternyata untuk versi Android ada ya Mas, nanti saya coba ah hehehe, HP nya baru selesai di Flah kemarin soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pak guru. LangitMusik for Android. Soalnya saya belum pernah punya beri-hitam, jadi belum bisa kasih review aplikasi LangitMusik for Blackberry. Hehe.

      Selamat mencoba, pak guru. :)

      Delete
  5. Assallammualikum Bang Alief..saya pribadi mengucapkan Minal Aidin wal Fa Idzien Mohon Maaf lahir dan Bathien..hahahyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, bang ICAH. Iya sama-sama bang, maaf lahir dan batin juga. :)

      Delete
  6. Berkunjung di sini, silaturahmi mohon maaf lahir bathin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan Anda. Maaf lahir dan batin juga. :)

      Delete
  7. Kalo udah di download nyimpennya tetep di database langit muski yahh?? Nggak kesimpen di internal hp gt...

    Trims jawabannya

    ReplyDelete